Beranda » safety riding » Klakson,harus di gunakan dengan bijak.. !!!

Klakson,harus di gunakan dengan bijak.. !!!

Komunitas

newbie bloger

email

growing.apip@gmail.com

newbie bloger.yang ingin mencoba menulis artikel tentang dunia otomotif..

growing.apip@gmail.com

Bergabunglah dengan 775 pengikut lainnya.

RSS apipblog.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Indomotoblog

http://abdulapip.files.wordpress.com/2012/10/wpid-indomotoblog_header1.jpg

member indomotoblog

menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 775 pengikut lainnya.

hari pohon sedunia

hari pohon sedunia

http://abdulapip.files.wordpress.com/2012/11/wpid-haripohon.jpeg

image

Rambu lalulintas,dilarang membunyikan klakson di tempat tertentu

Masbro semua ,pasti sudah pada tau gunanya Klakson pada setiap kendaraan menjadi fungsi yang vital sebagai alat komunikasi

sesama pengguna jalan dan di beda-beda kan bunyinya sesuai dengan jenis kendaraan biasanya kendaraan lebih besar lebih nyaring bunyinya, jangan salah kaprah kadang banyak pengedara motor yang mengganti suara klaksonya seperti truk kontainer dan menjadi salah arti, apakah masbro semua tau bahwa klakson jika di salah gunakan dapat mengundang masalah,!  Seperti yang di kutip dari media berita harian nasional,.  Peristiwa nahas menimpa juru bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman. Ia dikeroyok karena membunyikan klakson kala situasi lalu lintas sedang macet di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu sore, 25 November 2012. Munarman kemudian mengadukan peristiwa pengeroyokan itu ke Polres Jakarta Selatan,.
So..!! Peristiwa tersebut menjadi pelajaran kita semua agar lebih bijak menggunakan klakson,  tak jarang kita temui di jalan orang yang menggunakan klakson dengan semena-mena  karena status sosialnya. Misalnya, ketika si pengendara ini merasa status sosialnya tinggi sehingga ia membunyikan klakson tanpa menyesuaikan etika, tetapi justru bertubi-tubi dan selalu memerintah.
Akibatnya, pengendara dan pengguna jalan lain merasa dirugikan. Jika kedua pihak sama-sama emosi, rentan terjadi konflik dan pertengkaran.
Ada beberapa bahasa klakson ‘
Mengingatkan atau memperingati,  klakson biasa kita bunyikan sebagai bentuk mengingat kan kendaraan lain ,seperti menyalip kendaraan di depan misalnya, memberi tahu bahwa ada pengendara lain yang akan mengunakan jalur tersebut untuk menyalip,berbelok,dan menyeberang, dan biasanya hanya di bunyikan sekali atau dua kali dengan suara yang pendek.
Memerintah, klakson juga memiliki bahasa ini,  sering terjadi di lampu lalulintas ketika Lampu merah sudah berubah hijau, tapi kendaraan yang berada di depan tak kunjung jalan dan biasanya pengendara lain yang di belakang akan membunyikan klakson agar kendaraan yang di depan segera jalan. Di bunyikan sekali atau dua kali tapi dengan nada yang sedikit panjang.
image

Tak sabaran, biasa terjadi di kemacetan, pengendara yang tak sabar berlama-lama terjebak kemacetan akan mengunakan klakson sebagai bentuk emosi atau marah,  gusar dan yang lainnya,pencet klakson se enaknya saja dengan nada yang panjang kadang pendek, di lakukan secara terus menerus tidak beraturan.
Nah kalau masbro semua gimana,
Sudah bijak kah menggunakan klaksonya?


22 Komentar

  1. An_Syahri mengatakan:

    Paling kaget klo diklakson pake yg variasi kayak punya truk tuch….

    http://nzahry.wordpress.com

  2. 2in4 mengatakan:

    semua kendaraan bermotor bawaan pabrik pasti ada klaksonnya ya kan son :mrgreen:

    orang yang sering buntikan klakson adalah orang lebay dan gak sabaran.. IMHO

  3. Imam Sadikin mengatakan:

    Mas Blognya udah ta link di http://blogger.otomotif.org/ salam kenal & met gabung ajah!

  4. wasisimmortal mengatakan:

    medingan lampu dim ya, apalagi yg motor sport, ada tuas nya sendiri. kalau bebek/matic yamaha kebanyakan susah geser2 sakelar nya

  5. daivan mengatakan:

    Temen ane malah pasang klakson sepeda di piksennya (“kriiing… kringg…” kaya tukang sayur :b), katanya biar nggak berisik di dalem gang. Sedangkan klakson standarnya dh diganti pake klakson mobil, tapi nyaris nggak pernah dipencet..

  6. hasim adnan mengatakan:

    jarang dipake,

    ada 1 lg, buat nyapa temen

  7. Ndrae mengatakan:

    Bisa juga bwt say hello bila berpapasan dgn rekan biker yg lain bro, !

  8. 7leopold7 mengatakan:

    Sebaiknya pasang saklar terpisah kalau mau pakai klakson kenceng

    http://7leopold7.wordpress.com/2012/12/01/harga-ninja-fi-naik-lagi/

  9. Nia mengatakan:

    Alhamdulillah ane naik motor, tiap hari pulang pergi bekerja dari Timur sampai Selatan Jakarta PP = 36 KM. Dalam 1 Minggu belum tentu 1 kali ngelaksonin orang. Pernah juga dalam 1 bulan ane pernah gak bunyikan klakson. Cukup pakai lampu dim sambil sabar, minggir dan gak sungkan injak rem saat berkendara.

    Ane suka sewot bawaannye pengen ngajakin ribut sama orang yg di belakang yang bunyiin klakson gak karuan. Entah itu mobil, motor, angkot dll, Kadang suka ane acungkan jari tengah buat orang yang klakson. Kadang ane ajakin berhenti terus ane tunjuk, sambil teriak “WOOOI BERISIIIK, gak usah klakson-klakson dasar B*GO” alhasil orang tersebut pucat, berhenti duduk diam diatas motornya.

    Pokoknya gak pandang motornya gede atau orangnya kecil atau motornya kecil orangnya gede. kalo dia klakson kondisi macet langsung ane peringatin. Pernah ada aparat ane teriakin “WOOOI BERISIIIK” (untung gak pake kata-kata B*GO). Awalnya ane gak tahu bahwa dia adalah aparat karena pakai jaket dan helm full face. Ane tau dia aparat setelah dia nyalip ane, terlihat dia memakai sepatu boot, celana cokelat dengan tas ransel hitam ada lambang busur panah dan anak panah menjulang ke atas.

    Ya niat ane sih ingin mengajak pengendara di jalan merubah kebiasaan orang-orang yang enteng banget pencet klakson, walaupun dengan cara emosi seperti ane ini adalah salah. Akan tetapi bukankah lebih nyaman berkendara tanpa ada suara klakson?

    sebaiknya tumbuhkan prinsip “Jangan Klakson Kalau Gak Bisa Nyalip!”.
    apalagi kondisi macet motor-motor berjalan merayap berbaris, eh masih ada aja yang tin tin tin tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin.

    nice post,
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

arsip

kategori

twitter

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 775 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: