Mengenang Honda VTR 1000 SP2 Desember 6, 2012
Posted by Apipotoblog in HONDA, Uncategorized.Tags: honda VTR 1000 SP2, superbike
trackback
Masbro semua, masih inget gak motor superbike jalanan honda VTR SP2 ,yup motor yang pernah berjaya di ajang superbike .Ducati memang superior di superbike
waktu itu sudah memenangkan 8 kali gelar juara dunia WSBK, sementara Honda baru 3 kali sisanya Kawasaki satu kali.
VTR SP1 dan SP2 honda membuat motor tersebut bukan tanpa maksud tapi berniat meruntuhkan gelar ducati di SBK Bagi honda hal ini dikarenakan karena mesin peraturan yang berlaku saat itu lebih menguntungkan penggunaan mesin 2 silinder bisa 1000cc ketibang mesin 4 silinder inline 750cc.karena dulunya peraturanya seperti itu.
Karena itu HRC honda memutuskan menggati motor RC-45 menjadi RC-51 atau lebih akrab disebut Honda VTR SP-1 dan SP 2 (2000-2006) yang bermesin V-twin. Sukses karena gelar juara WSBK jatuh ketangan Collin Edwards pada tahun 2000 dan 2002 bersama VTR dengan 3 musim 2 kali juara . Namun sayang Motor tersebut kurang laku di pasaran dan di stop produksi di tahun 2006 dirasa mahal, memang mesin V twin lebih mahal biaya produksinya menyebabkan Dan sekarang VTR SP2 tergantikan dengan CBR1000RR
Honda VTR 1000 RC51 SP2
Year 2002
Engine Liquid cooled, four stroke, 90°V-twin cylinder, DOHC, 4 valves per cylinder
Capacity 996
Bore x Stroke 100 x 63.6 mm
Compression Ratio 10.8:1
Induction Electronic fuel injection
Ignition / Starting Computer-controlled digital transistorized / electric
Max Power 136 hp 100 KW @ 9500 rpm
Max Torque 10.7 kg-m 105 Nm @ 8000 rpm
Transmission / Drive 6 Speed / chain
Front Suspension 43mm inverted cartridge-type fork with adjustable spring preload, and compression and rebound damping, 130mm axle travel
Rear Suspension Pro-Link with gas-charged integrated remote reservoir damper offering adjustable preload, and compression and rebound damping, 120mm axle travel
Front Brakes 2x 320mm discs 4 piston calipers
Rear Brakes Single 220mm disc 1 piston caliper
Front Tyre 120/70 ZR17
Rear Tyre 190/50 ZR17
Seat Height 813 mm
Dry-Weight 194 kg
Fuel Capacity 18 litres (2.5L)
Consumption average 19.5 km/lit
Standing ¼ Mile 10.9 sec / 209 mp/h
Motor bengis nih jaman 2000an..baru tau ternyata v-twin’nya 2 cylinder..kirain 4 cylinder..heee
Banyak yang menyebut Honda rasa ducati 😀
ingat pakde collin edwards dulu deh waktu ane jaman SMA, pakdhe selalu jagoan diatas motor ini, singannya dulu ada carl fogarty dari Ducati juga ada max biaggi, tp bgitu max biaggi masuk WSBK pakdhe collin malah pindah ke MotoGp dan lumayan moncer tuh bertandem dg VR46 bersama Yamaha.
Iyo 😀
pake delta box yaaa?
Buetul
Motor keren tuhk http://fimcbloger.wordpress.com/2012/12/07/yamaha-vmax-dohc-4-silinder-yamaha-yang-tetap-5-speed-transmission/
Sebenarnya honda memang senang turun balapan dengan mesin bertipe v twin 😀
Ya ampun yang castrol itu sering mejeng di poster waktu tahun 90’an 🙂
Ane juga punya tuh gan posternya 😀
VTR ini… membuat Bimota empot2an mengejar nya… padahal Gobert lumayan perkasa pake Kawasaki…
dan di game SBK pula gw bisa nabokin VTR (disirkuit tertentu) pake bimota…
VTR di game gw oprek bisa tembus 322KPJ sedang Bimota max 305kpj…
Sirkuit Hockenheim VTR vs Bimota? bye bye Bimota…
😆
Hahaha..
Main gamenya di Ps berapa gan, ?
di PC gan, maen di LAN…
versi sipilnya udah ngaspal dluan, dipake Toei bwt motornya kamen rider Agito ,Machine Tornador thn 2001 silam :-D.
Kalo di jual di indo gak bkalan laku tu,masih laku nu pixon..lho kok bisa??? Y jelas lah,bnyak yg gak mampu bli,mahal tau..hihihihi.
Yang aku sukai motor tsb dengan nomor 111….
http://nzahry.wordpress.com/2012/12/07/cushman-airborne-skuter-jaman-perang-dunia-ii/
Lo kok pakai delta boxnya vixiong. FBY mode on.
[…] « Mengenang Honda VTR 1000 SP2 […]
motor yang menaikkan citra CBR 600 kala itu.. termasuk fireblade..
delta box dah dipake honda dari jaman nsr dulu bro
Twins spar .. delta box sebutan buat yamaha ….